Senin, 09 November 2009

Bagaimana Memicu Ide-ide Hebat

Stimulan utama menuju pemikiran kreatif adalah pertanyaan-pertanyaan terfokus. Ada suatu hal mengenai pertanyaan dengan kata-kata yang baik yang seringkali menggores dalam hati berhubungan dengan memicu ide-ide dan pemikiran-pemikiran yang baru.
Pertanyan-pertanyaan Menstimulasi Pemikiran Kreatif
Beberapa pertanyaan terbaik saya temukan bagi pemecahan masalah bisnis seperti berikut:

Perjelas Hasil Akhir Yang Anda Ingini

Pertanyaan #1, "Apakah yang sedang kita coba kerjakan?” Kapanpun Anda menjadi frustrasi dengan kemajuan yang lambat karena alasan apapun, mundurlah dan lakukan pertanyaan ini lagi dan lagi, “Apa yang sedang kita coba lakukan?”
Analisa Metode-Metode Anda Yang Terakhir

Pertanyaan #2 "Bagaimana kita coba mengerjakannya? " Jikalau Anda mengalami perlawanan, mungkin metode Anda salah. Miliki kerelaan untuk menganalisa secara obyektif pendekatan Anda dengan bertanya, “Bagaimana cara kita melakukannya?” Apakah ini adalah cara yang tepat? Dapatkah ada cara yang lebih baik? Bagaimana jika metode kita sepenuhnya salah? Cara apa lagi yang dapat kita lakukan untuk mendekatinya?
Apakah Mungkin Anda Salah?
Memerlukan satu keberanian untuk menghadapi kemungkinan bahwa Anda bisa jadi salah tetapi hal ini juga membawa Anda melihat kemungkinan-kemungkinan baru. Peraturannya adalah: selalu putuskan apa yang benar sebelum menguatirkan mengenai siapa yang benar.
Pertanyakan Asumsi-asumsi Anda
Salah satu pertanyaan yang baik adalah, "Apakah asumsi-asumsi kita?” Mengenai orang, produk, pasar, bisnis? Apa saja asumsi-asumsi kita ? Dapatkah kita mengasumsikan sesuatu yang tidak benar? Seseorang pernah berkata, “ Asumsi-asumsi yang menyimpang terletak di akar setiap kegagalan.”
Bagaimana jika asumsi tidak terucapkan dan tersirat itu salah? Apa yang harus Anda lakukan secara berbeda?
Letakkan Keputusan-keputusan Yang Lama Untuk Dicoba
Salah satu bentuk dari pertanyaan terfokus adalah apa yang saya sebut dengan “Zero based thinking" (pemikiran dengan basis Nol). Metode ini meminta Anda menempatkan setiap keputusan lama untuk dicoba dalam kesehariannya dengan bertanya, “Jika saya tidak membuat keputusan ini, dengan mengetahui apa yang saya tahu sekarang, dapatkah saya menyelesaikannya” Jika saya tidak pernah mempekerjaakan orang ini atau terlibat dalam proyek ini, dengan tahu apa yang saya tahu sekarang, akankah saya melakukannya lagi?
Jika jawabannya adalah "TIDAK" pada satu dari semua pertanyaan ini, maka tujuan Anda harus keluar dari keputusan itu sesegera mungkin. Bersedialah untuk “menghentikan kehilangn Anda” dan mencoba yang lainnya.
Latihan Untuk Dikerjakan
Berikut ada dua hal yang dapat Anda lakukan untuk memicu lebih banyak ide yang lebih baik.
Pertama, jadilah sangat jelas tentang apa yang sekarang sedang Anda coba kerjakan. Tuliskanlah itu dan gambarkanlah seakan-akan hal itu sudah dicapai.
Kedua, pertanyakan asumsi-asumsi Anda terus-menerus. Bagaimana jika ada cara yang lebih baik? Bersedialah untuk mencoba sesuatu yang sepenuhnya berbeda.

Sumber: Artikel How to Trigger Great Ideas oleh Brian Tracy

Tidak ada komentar: