Senin, 09 November 2009

Empat Langkah Menuju Sikap Super

Tentukan Bagaimana Bereaksi
Bukan apa yang terjadi kepada Anda yang menentukan. Adalah bagaimana Anda bereaksi terhadap apa yang terjadi pada Anda, khususnya bila Anda mengalami permasalahan dalam bentuk apapun yang tidak Anda harapkan.

Dalam artikel ini Anda akan belajar strategi-strategi yang berkuasa yang dapat Anda gunakan untuk mempertahankan Anda berpikir dan bertindak secara positif dan kreatif.
Berikut adalah empat hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa sikap Anda adalah yang terbaik yang dapat Anda lakukan, di bawah segala situasi.
Fokuskan Diri Anda Pada Masa Depan

Pertama, tantangan apapun yang Anda hadapi, fokuskan diri Anda kepada masa depan lebih daripada masa lampau. Bukannya mengkuatirkan siapa yang melakukan dan siapa yang bersalah, fokuslah pada menjadi seperti apa yang Anda inginkan dan apa saja yang Anda ingin lakukan. Dapatkan gambaran mental yang jelas dari masa depan kesukesan ideal Anda, dan ambillah tindakan apapun yang Anda dapat untuk mulai melangkah pada arah itu. Dapatkan pikiran Anda, pemikiran-pemikiran Anda, dan gambaran-gambaran mental Anda akan masa depan.
Pikirkanlah Solusinya

Kedua, kapanpun Anda diperhadapkan dengan suatu kesulitan, fokuslah kepada solusinya lebih dari masalah itu sendiri. Berpikir dan berbicaralah mengenai solusi ideal untuk halangan atau permasalahannya, lebih daripaadn menghabiskan waktu membicarakan dan memikirkan masalah itu. Solusi adalah sepenuhnya positif, sedangkan masalah sepenuhnya negative. Seketika Anda mulai memikirkan term dari solusi, Anda menjadi seorang manusia yang positif dan konstruktif.
Carilah Hal Yang Baik

Ketiga, pikirkanlah bahwa sesuatu yang baik ada di belakang setiap kesulian atau tantangan. Dr. Norman Vincent Peale, seorang pencetus positive thinking, pernah berkata, "Setiap saat Tuhan ingin memberikan kita hadiah, Ia akan membungkusnya di dalam sebuah masalah.” Semakin besar hadiah yang akan datang, semakin besar masalah yang akan Anda terima. Tetapi hal yang indah adalah bahwa jika Anda mencari hadiah itu, Anda akan selalu menemukannya..
Carilah Pelajaran Berharga

Keempat, pikirkanlah bahwa situasi apapun yang Anda sedang hadapi saat ini adalah benar-benar situasi yang paling tepat yang Anda butuhkan untuk sukses sepenuhnya. Situasi ini telah dikirimkan kepada Anda untuk menolong Anda belajar sesuatu, menolong Anda untuk menjadi lebih baik, menolong Anda untuk berkembang dan bertumbuh.
Putuskanlah Untuk Menjadi Positif
Suatu mental yang positif adalah satu keharusan yang tak dapat dielakkan untuk kesuksesan Anda. Anda dapat menjadi semakin positif seperti yang Anda inginkan hanya bila Anda berpikir sederhana tentang masa depan Anda, fokuskan kepada solusi dan carilah hal yang baik. Jika Anda melakukan apa yang dilakukan orang-orang sukses, jika Anda menggunakan pikiran Anda untuk membuat mental Anda menguasai situasi, Anda akan menghabiskan waktu lebih banyak dengan menjadi positif dan bergembira
Latihan Untuk Dikerjakan

Berikut ada tiga langkah yang dapat ambil secepatnya untuk membuat ide-ide beriktu dikerjakan.

Pertama, milikilah sikap berorientasi-solusi dalam setiap kesulitan yang Anda hadapi. Buat kebiasaan mencari jawaban bagi pertanyaan, solusi bagi masalah-masalah Anda.
Kedua, carilah pelajara berharga di setiap kesusahan. Buatlah daftar dari setiap ide atau perenungan yang Anda peroleh dari setiap kesulitan ataupun permasalahan.
Ketiga, pikirkan di atas kertas. Ambillah beberapa waktu untuk menuliskan setiap detil masalah dan langkah paling logis berikutnya untuk memecahkannya.

Diterjemahkan dari artikel Four Steps to a Super Attitude