Senin, 22 Februari 2010

DOA ORANG ISLAM SAKIT SEPERTI DOA MALAIKAT

Tak ada salahnya bila seorang Islam itu menjenguk orang kafir. Berkata Bukhari dalam Bab Menjenguk Orang Musyrik: Anas bin Malik ra berkata: Ada seorang pemuda Yahudi yang biasa melayani Nabi SAW yang sakit. Kemudian Nabi SAW menjenguknya lantas beliau duduk dekat kepalanya seraya bersabda: “Islamlah.” Ia melihat ayahnya yang berada di situ juga, kemudian ayahnya berkata: “Patuhilah dan ikutilah Abul Qasim.” Maka ia pun masuk Islam. Nabi SAW keluar sambil mengucap: “Al hamdulillaahil-ladzii anqadzahu minan-naar” (Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkannya dari api neraka).


Dan diceritakan pula oleh Sa’id Ibnul Musayab dari bapaknya, bahwa ketika Abu Thalib dalam sakit yang membawa ajalnya, ia dijenguk oleh Nabi SAW.”

Meminta didoakan oleh orang yang sakit diperbolehkan. Ibnu Majah meriwayatkan dari Umar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Jika kamu datang menjenguk si sakit, suruhlah berdoa untukmu, karena doanya seperti doa malaikat – yakni besar kemungkinan dikabulkan – Berkata pengarang Az Zawaid: “Isnadnya sah dan orang-orang dapat dipercaya, tapi sayang hadis ini muqathi’ artinya terputus.

Dengan mengerti ilmu menjenguk orang sakit, maka akan memberikan berkah bagi kehidupan. Agar mengerti ilmu atau tata cara menjenguk orang sakit, maka mengaji ilmu agama perlu. Menjenguk orang sakit kalau paham ilmunya menjadi amalan akhirat. Kita bisa beriktibar terhadap yang sakit. Bisa bersyukur atas kesehatan yang diberikan Allah sehingga bisa lebih mantap dalam beramal

Tidak ada komentar: